Resume File PPTX “DUH1A2_5_ Pembangunan Knowledge”

Resume File PPTX “DUH1A2_5_ Pembangunan Knowledge”

File PPT ini berjudul “Penggunaan informasi baru untuk membangun konsep baru atau membuat pemahaman baru” dan dibuat oleh Dana S. Kusumo

Pada Slide 2 File ini dibahas materi yaitu 1.Model Data-Information-Knowledge-Wisdom atau biasa disingkat DIKW dan 2. Membangun pengetahuan baru. adapun Tujuan Pembelajaran dari materi power point ini mahasiswa/i diharapkan: 1. Mampu memahami data, informasi, pengetahuan 2. Mampu memodelkan pengetahuan (yang ada) 3. Mampu membangun pengetahuan baru berdasar pengetahuan yang sudah ada

Pada slide 3 Disajikan gambar Model Data-Information-Knowledge- Wisdom (DIKW) agar mahasiswa/i semakin paham dan mempunyai gambaran tentang materi

Slide 4 berisi Kategori pikiran manusia (Russell Ackoff) yaitu

Data: simbol (misal: angka, huruf, gambar)

Informasi: data yang sudah diproses dan berguna; menjawab pertanyaan “who”, “what”, “where”, dan “when”

Pengetahuan (Knowledge): aplikasi/pengunaan data dan informasi; menjawab pertanyaan “how” Pemahaman (Understanding): pemahaman dan menjawab pertanyaan “why”

Kebijakan (Wisdom): pemahaman yang dievaluasi

Empat kategori pertama merupakan masa lalu/masa kini dan Kebijakan menyangkut masa depan

Di slide 5 disajikan Pengertian dari ‘Data’

yaitu

-Berupa fakta atau pernyataan

-Tidak mempunyai relasi dengan lainnya

Contoh: sekarang hujan

Di slide ini diharapkan Mahasiswa/i mampu mengerti pengertian dari data dan mampu membuat contoh data selain “sekarang hujan” sesuai dengan kaidah di slide.

Pada slide 6 disajikan pengertian,contoh,dan Pertanyaan penalaran  dari ‘Informasi’ yaitu

Pengertian: Terdapat relasi antar data

misalnya: sebab-akibat

Contoh: Terjadi musim kemarau berkepanjangan maka beberapa titik api (hot spot) berisiko menyebabkan kebakaran

Pertanyaan: apakah pernyataan berikut data atau informasi: Harga saham TLKM naik dari Rp 4360 menjadi Rp 4390 di sesi pembukaan 8-8-2016 ?

dari pertanyaan diatas Mahasiswa seharusnya bisa menentukan apakah itu Data atau Informasi, kita bahas pertanyaan itu seharusnya pernyataan itu termasuk kedalam informasi karena hanya berisi data (sebab) tanpa relasi (akibat)

Pada Slide 7 disajikan cara Mengubah data menjadi infomasi, di slide tersebut juga diberikan tabel Contoh data dan contoh kemungkinan informasi yang dapat didapat dari data-data tersebut.  Mahasiswa/i diharap dapat memahami isi slide dan dapat mempraktikan cara mengolah data yang didapat menjadi sebuah informasi seperti yang dicontohkan.

Pada Slide 8 Dijelaskan pengertian  Pengetahuan (Knowledge) yaitu:

Pola/pattern informasi yang saling terhubung/muncul dari informasi,Pola ini bersifat berulang-ulang dan dapat memprediksi (apa yang terjadi kemudian)

Contoh: Jika kelembaban sangat tinggi dan temperatur turun maka atmosfir menampun uap air sehingga akan turun hujan

Di slide ini dijelaskan cara menggunakan pengetahuan (Knowledge) adalah dengan menggunakan Informasi-informasi yang telah didapat guna memprediksi/mengetahui Kejadian atau hal yang bisa terjadi

Pada slide 9 Dijelaskan pengertian Kebijakan (Wisdom) yaitu:

Terdiri dari pengetahuan-pengetahuan Prinsip-prinsip, yang terjadi dan menjelaskan kenapa pola-pola tersebut terjadi

Contoh: Hujan terjadi karena terjadinya interaksi antara curah hujan, penguapan, arah udara, perubahan suhu dsb

Wisdom hanya dimiliki manusia karena menyangkut memahami dan menilai antara baik-buruk dan benar-salah

Pada slide ini mahasiswa/i diharap sudah memahami kategori-kategori pemikiran manusia diatas dan dapat mengaplikasikannya.

Pada Slide 10 diberikan Pemodelan Pengetahuan dengan penjelasan:

Beberapa pemodelan pengetahuan (bisa digunakan oleh manusia dan komputer) Aturan (rules) Semantic Network

Lainnya:

Frames

Concept Diagram

Untuk melakukan Pemodelan Pengetahuan ini mahasiswa/i seharusnya sudah memahami kategori pemikiran manusia dan pengaplikasiannya sehingga dapat membuat pemodelan pengetahuan

pada slide 11 Aturan (rules) Knowledge direpresentasikan sebagai pasangan atribut yang bernilai. Bentuk umum rules: if attribute A1 has value V1 and attribute A2 has value V2 then attribute A3 has value V3

di slide ini dijelaskan peraturan cara menentukan nilai dari atribut atribut yang tersaji sesuai dan contoh penggunaannya aturan(rules) sehingga mahasiswa/i dapat menggunakan dan merepresentasikan knowledge sesuai aturan.

pada slide 12 diberikan  ‘Semantic Network’  adalah item-item khusus dan link menunjukkan hubungan antar item

Dengan menelusuri link memungkinkan (mesin) menjawab pertanyaan sbb: Bagaimana power sampai ke elemen pemanas (heating)? Apa tujuan dari lamp?

Di slide ini disajikan gambar yang berupa hasil dari data,informasi mahasiswa/i tinggal mengolah menjadi pengetahuan,pemahaman,kebijakan guna menunjukkan hubungan antar item supaya dapat menjawab pertanyaan yang mungkin muncul dari data informasi tersebut , semantic network ini menggunakan algoritma pemahaman data&informasi.

pada slide 13 disajikan Knowledge Structure

Pengetahuan yang aktual dihasilkan dari pengetahuan yang sudah ada Identifikasi pengetahuan dasar untuk membangun struktur pengetahuan Pengetahuan dasar ini menjadi bagian struktur pengetahuan; dan dapat digunakan untuk menghasilkan pengetahuan aktual

Contoh pengetahuan dasar dari pengetahuan merebus telur: Boiling an egg Boiling Water Obtaining an egg Chemical changes

di slide ini diberikan contoh pengaplikasian dari knowledge yang telah dikumpulkan untuk diterapkan ke kejadian yang aktual/nyata, mahasiswa/i ketika di slide ini diharap dapat mengaplikasikan/mempunyai gambaran cara menerapkan sesuai yang dijelaskan di slide.

pada slide 14 disajikan Knowledge Map/Network yaitu gambaran/sketsa dari knowledge structure

Setelah pengetahuan dasar diketahui, relasi antar pengetahuan dipetakan yang sifatnya valid dan sesuai kebutuhan Pengetahuan manusia berkembang melalui pembelajaran dan berdasar pengetahan sebelumnya Pembelajaran bersifat hirarki karena pengetahuan baru tergantung pada pengetahuan sebelumnya

Hierarki adalah suatu susunan hal di mana hal-hal tersebut dikemukakan sebagai berada di “atas,” “bawah,” atau “pada tingkat yang sama” dengan yang lainnya. Secara abstrak, sebuah hierarki adalah sebuah kumpulan yang disusun. (sumber: Wikipedia)

di slide ini diharap mahasiswa/i mampu berfikir secara logis dengan struktur pengetahuan sehingga terbentuk knowledge map/network

pada slide 15 disajikan Contoh Knowledge Map/Network

Pengetahuan merebus telur membutuhkan pemahaman: Tipe telur rebus (matang, ½ matang), lama perbusan, aturan dan prosedur untuk merebus Untuk itu diperlukan pengetahuan (terurut berdasar tingkat kepentingan): memanaskan air (syarat merebus), perubahan air pada saat direbus (penentuan kematangan), kemudian pemilihan telur yang baik serta mendapatkan ukuran telur yang sesuai.

diharapkan mahasiswa/i dapat membuat contoh knowledge map/network nya sendiri berpedoman pada slide-slide yang telah disajikan dan dapat melihat contoh untuk membandingkan kebenarannya

Pada slide terakhir yaitu slide 16 disajikan Latihan

Apakah ‘ini’ dengan deskripsi sebagai berikut: Biasanya berupa kotak Mempunyai pintu minimal 1 buah Berfungsi sebagai tempat penyimpanan Menghasilkan air

pada slide ini Mahasiswa/i seharusnya mampu menebak/menajwab latihan diatas menggunakan metode yang telah disajikan di slide-slide diatas dengan logis dan aktual.

Kalo menurut saya sih Waduk karena bisa mempunyai pintu 1 saja/lebih,berfungsi sebagai tempat penyimpanan (air) jika pintunya ditutup,lalu ketika dibuka maka akan menghasilkan air untuk area yang berada di sisi lain pintu waduk, misalkan sawah sehingga jika dilihat dari sisi sawah,pintu waduk itu jika dibuka menghasilkan air yang lalu mengaliri sawah.

Yak sekian Tambahan penjelasan dari slide “DUH1A2_5_ Pembangunan Knowledge” dari saya, kurang lebih nya mohon dimaklumi =D ;D

RASYID EFENDI LUBIS_D3TK04103

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *